TEMPERATURE SENSOR BAGIAN 1

TEMPERATURE SENSOR BAGIAN 1





Tipe sensor suhu ini bervariasi dari perangkat termostatik ON / OFF sederhana yang mengendalikan sistem pemanas air panas ke jenis semikonduktor yang sangat sensitif yang dapat mengendalikan Furnace Plant dengan kontrol proses yang kompleks.

Kita ingat dari kelas sains sekolah kita bahwa pergerakan molekul dan atom menghasilkan panas (energi kinetik) dan semakin besar pergerakannya, semakin panas yang dihasilkan. Sensor Suhu mengukur jumlah energi panas atau bahkan dingin yang dihasilkan oleh objek atau sistem, yang memungkinkan kita untuk "merasakan" atau mendeteksi adanya perubahan fisik pada suhu yang menghasilkan keluaran analog atau digital.

Ada banyak jenis Sensor Suhu yang tersedia dan semuanya memiliki karakteristik yang berbeda tergantung pada aplikasi sebenarnya. Sensor suhu terdiri dari dua tipe fisik dasar:

Contact Temperature Sensor Types- Jenis sensor suhu ini harus berada dalam kontak fisik dengan objek yang dirasakan dan menggunakan konduksi untuk memantau perubahan suhu. Mereka dapat digunakan untuk mendeteksi padatan, cairan atau gas pada berbagai suhu.

Non-contact Temperature Sensor Types- Jenis sensor suhu ini menggunakan konveksi dan radiasi untuk memantau perubahan suhu. Mereka dapat digunakan untuk mendeteksi cairan dan gas yang memancarkan energi berseri saat panas naik dan dingin mengendap ke dasar arus konveksi atau mendeteksi energi radiasi yang ditransmisikan dari benda dalam bentuk radiasi infra merah (matahari).
Dua tipe dasar kontak atau bahkan sensor suhu non-kontak juga dapat dibagi menjadi tiga kelompok sensor berikut, Electro-mechanical, Resistive and Electronic dan ketiga jenis ini dibahas di bawah ini.


Termostat

Thermostat adalah tipe kontak sensor suhu elektro-mekanis atau switch, yang pada dasarnya terdiri dari dua logam berbeda seperti nikel, tembaga, tungsten atau aluminium dll, yang terikat bersama untuk membentuk strip Bi-metallic. Tingkat ekspansi linier yang berbeda dari dua logam berbeda menghasilkan gerakan bending mekanis saat strip menjadi sasaran panas.

Strip bi-metalik dapat digunakan sebagai sakelar listrik atau sebagai cara mekanis untuk mengoperasikan sakelar listrik dalam kontrol termostatik dan digunakan secara ekstensif untuk mengendalikan elemen pemanas air panas di boiler, tungku, tangki penyimpanan air panas dan juga di dalam kendaraan. Sistem pendinginan radiator.


Bi-metallic Thermostat




Termostat terdiri dari dua logam yang berbeda secara termal yang disatukan kembali ke belakang. Bila sudah dingin, kontak ditutup dan arus melewati termostat. Ketika menjadi panas, satu logam mengembang lebih dari yang lain dan strip bi-metalik berikat melengkung (atau ke bawah) membuka kontak yang mencegah arus tidak mengalir.

Sensor suhu termostat
On / Off Thermostat
Ada dua jenis utama strip bi-metalik yang sebagian besar didasarkan pada pergerakannya saat mengalami perubahan suhu. Ada jenis "Snap Action" yang menghasilkan tindakan "ON / OFF" atau "OFF / ON" sesaat pada kontak listrik pada titik suhu yang disetel, dan tipe "creep-action" yang lebih lambat yang secara bertahap mengubah posisi mereka. Sebagai perubahan suhu.

Tipe termostat tipe Snap biasanya digunakan di rumah kita untuk mengendalikan titik setel suhu oven, setrika, tangki air panas pencelupan dan juga dapat ditemukan di dinding untuk mengendalikan sistem pemanas.Jenis creeper umumnya terdiri dari koil bi-metalik atau spiral yang perlahan-lahan mereda atau melonjak seiring perubahan suhu. Umumnya, potongan bi-metallic tipe merambat lebih sensitif terhadap perubahan suhu daripada tipe standar ON / OFF standar karena strip lebih panjang dan tipis sehingga membuatnya ideal untuk digunakan pada pengukur suhu dan cepat.

Meski sangat murah dan tersedia dalam rentang operasi yang luas, satu kelemahan utama dari thermostats tipe snap-action standar saat digunakan sebagai sensor suhu, adalah mereka memiliki rentang histeresis yang besar mulai saat kontak listrik terbuka sampai saat mereka menutup kembali. Misalnya, mungkin diatur ke 20oC tapi mungkin tidak terbuka sampai 22oC atau tutup lagi sampai 18oC.

Jadi rentang ayunan suhu bisa cukup tinggi. Termostat bi-logam yang tersedia secara komersial untuk penggunaan di rumah memiliki sekrup pengatur suhu yang memungkinkan suhu dan tingkat histeresis suhu yang diinginkan lebih tepat untuk dipra-set.





On/Off Thermostat

Comments

Popular posts from this blog

POSITIONER CONTROL VALVE

I/P BASIC PRINCIPLE

CONTROL VALVE